Kamis, 03 November 2016

الاسماء التي تعمل عمل الفعل

BAB 1
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
            Bahasa Arab berkaitan erat dengan agama Islam, Di samping itu bahasa Arab juga banyak digunakan dalam kegiatan ibadah sehari-hari seperti ibadah salat, dzikir dan berdoa. Bahasa Arab bukan saja sebagai bahasa agama dan bahasa persatuan umat Islam, tetapi juga sebagai bahasa ilmu pengetahuan. Teori bahasa disusun berdasarkan temuan-temuan praktis melalui pemakaian para penutur bahasa itu. Di lain pihak para penutur menggunakan bahasa berdasarkan kaidah-kaidah yang disusun dalam teori. Kompetensi dan permormansi dikembangkan secara simultan, karena keduanya saling menentukan. Pengembangan ini dilakukan guna mencapai tingkat konsistensi sebuah teori, juga untuk merumuskan kaidah-kaidah berbahasa yang dapat dipahami oleh para pembelajar dengan mudah.
B.     Rumusan Masalah
1.    Apa pengertian dari Isim fi,il dan bentuk dari isim fi’il ?
2.    Apa yang menjadi amalnya masdar ?
3.    Bagaimanakah isim fai’l yang beramal seperti fi’il ?
4.    Wajan apa saja yang ada dalam amsilah mubalagoh ?
5.    Bagaimana isim mafu’l yang beramal seperti fi’il ?
6.    Apa yang dimaksud dengan sifat  musyabahat ?
7.    Apa yang dimaksud dengan isim tafdhil?
C. Tujuan Penulisan
1.    Mengetahui pengertian dari isim fi’il dan macam-macam bentuknya .
2.    Mengetahui amalnya masdar .
3.    Mengetahui isim fai’l yang beramal seperti fi’il .
4.    Mengetahui macam-macam wajan dalam amsilah mubalagoh .
5.    Mengetahui isim mafu’l yang beramal seperti fi’il .
6.    Mengetahui sifat musyabahat .
7.    Mengetahui pengertian isim tafdhil .







BAB II
PEMBAHASAN
ISIM-ISIM YANG BERAMAL SEPERTI FI’IL
A.  Isim Fi’il
Pengertiannya adalah kalimat yang menggantikan dari kalimat fi’il dalam makna dan amalnya, tidak memiliki ciri dari ciri-ciri fi’il, menunjukan pada puncak dalam makna yang lebih banyak dari kalimat fi’il yang memiliki maknanya.
Bentuknya ada 3, yaitu:
1.    Diberi nama Isim fi’il Amr (yang lebih banyak dipakai dalam bahasa), seperti:
Makna
Lafadz
Makna
Lafadz
Tinggalkanlah
بله
Diamlah
صه
Mest/Wajib
عليك
Cukuplah
مه

اليك عنى
Semoga mengabulkan
امين
Tetaplah
مكانك
Cepatlah
هيا
Kedepan
امامك
Marilah
حي
Kebelakang
وراءك
Hati-hati
رويد
Cepat
هلم
Ambilah
دونك هاك



ايه
Tinggalkanlah
تراك
Turunlah
نزال


Awas
حذار
Selain dari yang telah disebutkan diatas dari bagian ini adalah seperti:
1. Firman Allah
=
ياايهاالذين امنواعليكم انفسكم لا يضركم من ضل اذا اهتديتم
2. Hadits Rasul
=
اذاقلت لصاحبك والامام يخطب صه فقد لغوت
3. Ucapan Mu’adzin
=
حي على الصلاة حي على الفلاح
Dan bagian kedua adalah setiap fi’il yang hurufnya terdiri dari tiga, sempurna, dan menerima ditasrif.
2.    Diberi nama Isim fi’il Madli (pemakaiannya lebih sedikit dari pada bagian yang pertama), seperti:
Contoh Kalimat
Makna
Kalimat
هيهات ان يدوم الباطل
بعد
هيهات
شتان مابين الحق و الباطل
افترق
شتان
سرعان ان تنفرج الازمات
اسرع
سرعان
Dan seperti:
1. firman Allah
=
هيهات هيهات لما توعدون
2. ucapan jarir
=
فهيهات هيهات العقيق ومن به     وهيهات خل بالعقيق نواصله
3. ucapan yang lain
=
شتان بين قوي حازم يقظ           و غافل سادرعن جد دنياه

3.    Diberi nama Isim fi’il Mudlori (yang pemakaiannya lebih sedikit dalam tata bahasa) seperti:
Makna
Kalimat
اتضجر
اف
اتوجع
اوه, اه
اعجب, استحسن
وى, واها, وا
Dan seperti:
1. firman Allah
=
فلاتقل لهما اف ولا تنهرهما وقل لهما قولاكريما
2. firman Allah
=
اف لكم ولما تعبدون من دون الله
3. firman Allah
=
ويكانه لايفلح الكافرون

B.  Masdar
1.    Ketentuan amalnya masdar seperti fi’il.
Para ulama ahli nahwu mensyaratkan dalam beramalnya masdar yang menurutnya lebih penting adalah syarat yang pertama ini, adapun syarat yang lainnya ini merupakan bagian dari perbedaan pendapat antara beberapa ulama, yang kami mengira tidak perlu dalam digunakan dalam tata bahasa.
Adapun yang menjadi syarat beramalnya masdar menurut para ulama adalah sahnya masdar menempati posisi ان yang bermakna masdariah, untuk lebih jelas tentang syarat ini kita pelajari dari contoh berikut:
Uraian
Contoh kalimat
Dalam kalimat terdapat kata حب dan معاونة yang menashabkan maf’ulnya yaitu اخاه dan اياه karena menempati posisi ان yang bermakna masdar. Sebab secara asalnya dapat dikatakan :
من علامة الايمان ان يحب المسلم اخاه وان يعاونه
من علامة الايمان حب المسلم اخاخ, ومعاونته اياه
Dalam kalimat terdapat masdar yaitu انفاق yang menashabkan maf’ul bihnya yaitu اموالهم karena menempati tempat ان yang bermakna masdar. Sehingga dapat dikatakan:
من المؤسف ان ينفق بعض المسلمين الان اموالهم في الشهوات
من المؤسف انفاق بعض المسلمين الان اموالهم في الشهوات

2.    Gambaran amalnya masdar dalam tata bahasa.
Masdar yang beramal seperti fi’il terbagi dalam 3 gambaran:
·      Masdar diidhofatkan (gambaran ini lebih banyak dalam penggunaan kalam)
Baik masdar ini diidhofatkan pada fa’il atau pada maf’ulnya. Seperti:
Diidhofatkan pada fa’il
Diidhofatkan pada maf’ul
احترامك اساتذك واجب
معاونتك زملاءك ضرورى
واخذهم الربا وقدنهواعنه واكلهم اموال الناس بالباطل
حبك الشئ يعمى ويصم
قراءة القران من اعظم العبادات
احتمال المكاره نوع من الصبر
الحكمة مداراة السفهاء
وحج البيت بمن استطع اليه سبيلا

·      Masdar tidak dimasuki oleh ال dan tidak diidhofatkan, tetapi diberi tanwin (gambaran ini lebih sedikit dari pada yang awal dalam pemakaiannya). Seperti dalam firman Allah SWT.:
اواطعام في يوم ذى مسغبة, يتيما ذا مقربة, اومسكينا ذا متربة
·      Masdar dimasuki ال  (gambaran ini yang paling jarang dalam tata bahasa) seperti dalam sebuah sya’ir:
ضعيف النكاية اعدءاه       يخال الفرار يراحى الاجل
C.  Isim Fa’il
Isim Fa’il yang beramal seperti fi’il dalam tata bahasa ada dua gambaran, yaitu:
1.    Disertai dengan ال. Dalam masalah ini beramal dengan tidak ada syarat. Seperti contoh:
الرجال الشاكرربه, الصابرعلى بلائه مؤمن حقا
الصديق الكاتم سرصديقه, الحافظ عهده صديق وفى
والحافظين فروجهم والحافظات والذاكرين الله كثيراوالذاكراة
2.    Tidak disertai dengan ال. Dalam masalah ini isim fa’il tidak akan beramal kecuali ada syarat-syarat yang 2:
·      Isim fa’il bermakna hal (sedang dikerjakan), istiqbal (akan datang) tidak bermakna madhi (masa lampau).
·      Didahului dengan nafyi, istifham, mukhbar anhu, atau mausuf.
Didahului nafyi
ماسامع اخوك نصيحتي
مامطيع اخوك مدرسيه
Didahului istifham
اراض انت عن اخيك؟
هل مقدراخوك واجبه؟
اقاطن قوم سلمى ام نووا ظعنا     ان يظعنوافعجيب عيش من قطنا
Didahului mukhbar anhu
خالد شاكرربه
ان سعيدا مؤد واجبه
كان علي مطيعااباه
واذقال ربك للملائكة اني جاعل في الارض خليفة
وكلبهم باسط ذراعيه بالوصيد
Didahului mausuf
اعتمدت على عامل متقن عمله
تعلمت على شاب مستثمروقته

Perhatian
·      Boleh dalam maf’ul yang berada setelah masdar dibaca dua cara dalam hal I’rabnya yaitu dibaca nashab seperti yang diceritakan dalam contoh diatas, yang kedua bisa diidhofatkan untuk tahfif (meringankan pembacaan), seperti dalam firman Allah:
ان الله بالغ امره
هل هن كاشفات ضره
·      Isim fa’il beramal seperti fi’il dengan syarat yang di atas, sama walaupun dalam keadaan tasniyah, jama muddzakar, jama mu’annas salim.
D.  Amsilah Mubalaghah
Wajannya ada lima:
Contoh
Wajan
صبار , طماع
فعال
مضياف, متلاف
مفعال
غفور, صبور
فعول
سميع, قدير
فعيل
حذر, فطن
فعل
Contoh yang tiga yang awal, ini lebih sering digunakan dalam tata bahasa. Kalimat-kalimat di atas beramal seperti fi’il dengan syarat sama seperti beramalnya isim fa’il. Seperti:

ابي حمال هموم اهله
Perkataan sya’ir
حدرامررالاتضيروامن       ماليس منجية من الاقدار
Ucapan orang Arab
ان الله سميع دعاء من دعاه

E.  Isim Maf’ul
Isim maf’ul beramal seperti fi’il dengan jalan seperti amalnya isim fa’il, tetapi yang setelah isim maf’ul kedudukannya menjadi na’ibul fa’il (pengganti fa’il), seperti dalam contoh berikut:
امسموع صوت الناصح؟ اومفهوم كلام الواعظ؟
مامحترم الكذاب, مامهان الصدوق
الله هوالمتوكل عليه, اخوك مرضى عنه من اساتدته
ذلك يوم مجموع له الناس وذلك يوم مشهود

F.   Shifat Musyabbahat
1.    Definisi dan Beberapa Contohnya
Sifat musabbahat adalah sifat yang dibentuk dari kalimat fi’il yang bermakna lazim yang menunjukan pada hubungan sifat pada mausufnya, dan tidak menceritakan pekerjaan, isim sifat musabbahat ini mempunyai bentuk yang berbeda-beda, seperti:
صاحب
ميت
شجاع
جبان
شهم
فرح
عطسان
هوجاء
احمق
عفيف
طاهر
سيد

حصان
ضخم
لبق
شبعان
حمراء
اهوج
كريم
ضامر
طيب



نجس
جوعان
بيضاء
احمر
بخيل





حسن
ظمان

ابيض
سقيم









مريض

2.    Mengapa disebut “Musabbahat”?
Sebab menyerupai isim fa’il yang bermakna muta’adzi pada maf’ul satu dilihat dari dua sisi, yaitu:
·      Isim sifat musabbahat menyerupai isim fa’il dalam bentuk sifatnya dan dan mausufnya, seperti yang telah dijelaskan pada contoh yang di atas.
·      Keduanya memiliki bentuk mufrad, tasniyah, jamak, mudzakar dan mu’annas, apabila diucapakan seperti:
Isim fa’il
عاقلات
عاقلتان
عاقلة
عاقلون
عاقلان
عاقل
Sifat Musabbahat
فرحات
فرحتان
فرحة
فرحون
فرحان
فرح

3.    Gambaran isim yang berada setelah isim sifat musabbahat
Isim yang berada setelah isim sifat musabbahat mempunyai tiga gambaran, yaitu:
No.
Gambaran
Contoh
1.
Menyambung pada dhomir yang kembali pada mausuf
يعجبني الرجل القوي ايمانه, الشجاع قلبه
2.
Memakai ال
يعجبني الرجل القوي الايمان, الشجاع القلب
3.
Tidak ada dhomir dan ال
يعجبني الرجل القوي ايمانا, الشجاع قلبا

4.    I’rab isim yang setelah isim sifat musabbahat.
No.
Permasalahan
Contoh
1.
Apabila dibaca rofa’ maka kedudukannya adalah fa’il
درست على رجل كريم اصله, عفيف سمعه وبصره
2.
Apabila dibaca nashab maka mempunyai dua kedudukan, apabila nakirah maka kedudukannya adalah tamyiz, dan apabila ma’rifat maka kedudukannya adalah maf’ul bih.
هذه فتات طيبة قلبا, لبقة حديثا

هذه فتات طيبة القلب, لبقة الحديث
3.
Apabila dibaca kasrah maka kedudukannya adalah sebagai mudhof ilaih.
هذه فتات طيبة القلب, لبقة الحديث

G. Isim Tafdhil
Definisinya isim yang dibentuk dengan sighat افعل yang menunjukan pada sesuatu yang sama dalam sifat dan salah satunya mengungguli yang lainnya. Amal isim tafdhil adalah sebagai berikut:
No.
Amalnya
Contoh
Keterangan
1.
Merofakan dhomir mustatir
العلم اشرف من المال

السكوت افضل من الكلام

Dalam kalimat اشرف dan افضل terdapat dhomir mustatir dengan taqdirnya lafad هو.
2.
Menashabkan terhadap tamyiz.
صلاة الفجر اعظم بركة من غيرها

العمل بالقران اكثر ثوابا من مجرد تلاوته
3.
Mengkasrahkan mudhof ilaihnya.
الصلاة اعظم عبادة في الاسلام

القران الكريم اكبر الكتب السماوية




SKEMA ISIM YANG BERAMAL SEPERTI FI’IL
























BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Isim-isim yang beramal seperti fi’il diantaranya
1.      Isim fi’il memiliki bentuk yaitu isim fi’il amar, isim fi’il madhi dan isim fi’il mudhori.
2.      Masdar beramal seperti fi’il jika masdar tersebut bisa atau sah menempati posisi atau bisa menyimpan makna ان yang bermakna masdariah.
3.      Isim fai’l yang beramal seperti fi’il dalam tata bahasa yaitu yang disertai alif lam, dan tidak disertai alif lam.
4.      Isim maf’ul beramal seperti fi’il dengan jalan seperti amalnya isim fa’il, tetapi yang setelah isim maf’ul kedudukannya menjadi na’ibul fa’il (pengganti fa’il).
5.      Sifat musabbahat adalah sifat yang dibentuk dari kalimat fi’il yang bermakna lazim yang menunjukan pada hubungan sifat pada mausufnya, dan tidak menceritakan pekerjaan, isim sifat musabbahat ini mempunyai bentuk yang berbeda-beda.
6.      Isim tafdhil yang dibentuk dengan sighat افعل yang menunjukan pada sesuatu yang sama dalam sifat dan salah satunya mengungguli yang lainnya.

B.     Saran
 Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis memohon kepada pembaca untuk memberikan keritik dan saran yang membangun sebagai bahan evaluasi untuk makalah selanjutnya.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar