BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Bahasa Arab
berkaitan erat dengan agama Islam, Di samping itu bahasa Arab juga banyak
digunakan dalam kegiatan ibadah sehari-hari seperti ibadah salat, dzikir dan
berdoa. Bahasa Arab bukan saja sebagai bahasa agama dan bahasa persatuan umat
Islam, tetapi juga sebagai bahasa ilmu pengetahuan. Teori bahasa disusun
berdasarkan temuan-temuan praktis melalui pemakaian para penutur bahasa itu. Di
lain pihak para penutur menggunakan bahasa berdasarkan kaidah-kaidah yang
disusun dalam teori. Kompetensi dan permormansi dikembangkan secara simultan,
karena keduanya saling menentukan. Pengembangan ini dilakukan guna mencapai
tingkat konsistensi sebuah teori, juga untuk merumuskan kaidah-kaidah berbahasa
yang dapat dipahami oleh para pembelajar dengan mudah.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian dari Isim fi,il dan bentuk dari isim fi’il ?
2.
Apa yang menjadi amalnya masdar ?
3.
Bagaimanakah isim fai’l yang beramal seperti
fi’il ?
4.
Wajan apa saja yang ada dalam amsilah
mubalagoh ?
5.
Bagaimana isim mafu’l yang beramal seperti
fi’il ?
6.
Apa yang dimaksud dengan sifat musyabahat ?
7.
Apa yang dimaksud dengan isim tafdhil?
C. Tujuan
Penulisan
1.
Mengetahui pengertian dari isim fi’il dan
macam-macam bentuknya .
2.
Mengetahui amalnya masdar .
3.
Mengetahui isim fai’l yang beramal seperti fi’il .
4.
Mengetahui macam-macam wajan dalam amsilah mubalagoh .
5.
Mengetahui isim mafu’l yang beramal seperti fi’il .
6.
Mengetahui sifat musyabahat .
7.
Mengetahui pengertian isim tafdhil .
BAB II
PEMBAHASAN
ISIM-ISIM
YANG BERAMAL SEPERTI FI’IL
A.
Isim Fi’il
Pengertiannya
adalah kalimat yang menggantikan dari kalimat fi’il dalam makna dan amalnya,
tidak memiliki ciri dari ciri-ciri fi’il, menunjukan pada puncak dalam makna
yang lebih banyak dari kalimat fi’il yang memiliki maknanya.
Bentuknya ada 3, yaitu:
1.
Diberi nama Isim fi’il Amr (yang lebih banyak dipakai dalam
bahasa), seperti:
Makna
|
Lafadz
|
Makna
|
Lafadz
|
Tinggalkanlah
|
بله
|
Diamlah
|
صه
|
Mest/Wajib
|
عليك
|
Cukuplah
|
مه
|
|
اليك عنى
|
Semoga mengabulkan
|
امين
|
Tetaplah
|
مكانك
|
Cepatlah
|
هيا
|
Kedepan
|
امامك
|
Marilah
|
حي
|
Kebelakang
|
وراءك
|
Hati-hati
|
رويد
|
Cepat
|
هلم
|
Ambilah
|
دونك هاك
|
|
|
|
ايه
|
Tinggalkanlah
|
تراك
|
Turunlah
|
نزال
|
|
|
Awas
|
حذار
|
Selain dari yang telah disebutkan diatas dari
bagian ini adalah seperti:
1. Firman
Allah
|
=
|
ياايهاالذين
امنواعليكم انفسكم لا يضركم من ضل اذا اهتديتم
|
2. Hadits Rasul
|
=
|
اذاقلت لصاحبك والامام
يخطب صه فقد لغوت
|
3. Ucapan Mu’adzin
|
=
|
حي على الصلاة حي على
الفلاح
|
Dan
bagian kedua adalah setiap fi’il yang hurufnya terdiri dari tiga, sempurna, dan
menerima ditasrif.
2.
Diberi nama Isim fi’il Madli (pemakaiannya lebih sedikit dari pada
bagian yang pertama), seperti:
Contoh Kalimat
|
Makna
|
Kalimat
|
هيهات ان يدوم الباطل
|
بعد
|
هيهات
|
شتان مابين الحق و
الباطل
|
افترق
|
شتان
|
سرعان ان تنفرج
الازمات
|
اسرع
|
سرعان
|
Dan seperti:
1. firman Allah
|
=
|
هيهات هيهات لما
توعدون
|
2. ucapan jarir
|
=
|
فهيهات هيهات العقيق
ومن به وهيهات خل بالعقيق نواصله
|
3. ucapan yang lain
|
=
|
شتان بين قوي حازم
يقظ و غافل سادرعن جد دنياه
|
3.
Diberi nama Isim fi’il Mudlori (yang pemakaiannya lebih sedikit
dalam tata bahasa) seperti:
Makna
|
Kalimat
|
اتضجر
|
اف
|
اتوجع
|
اوه, اه
|
اعجب, استحسن
|
وى, واها, وا
|
Dan seperti:
1. firman Allah
|
=
|
فلاتقل لهما اف ولا
تنهرهما وقل لهما قولاكريما
|
2. firman Allah
|
=
|
اف لكم ولما تعبدون من
دون الله
|
3. firman Allah
|
=
|
ويكانه لايفلح
الكافرون
|
B.
Masdar
1.
Ketentuan amalnya masdar seperti fi’il.
Para ulama ahli nahwu mensyaratkan dalam
beramalnya masdar yang menurutnya lebih penting adalah syarat yang pertama ini,
adapun syarat yang lainnya ini merupakan bagian dari perbedaan pendapat antara
beberapa ulama, yang kami mengira tidak perlu dalam digunakan dalam tata
bahasa.
Adapun yang menjadi syarat beramalnya masdar
menurut para ulama adalah sahnya masdar menempati posisi ان yang
bermakna masdariah, untuk lebih jelas tentang syarat ini kita pelajari dari
contoh berikut:
Uraian
|
Contoh kalimat
|
Dalam kalimat terdapat kata حب dan معاونة yang menashabkan maf’ulnya yaitu اخاه dan اياه karena menempati posisi ان yang bermakna masdar. Sebab secara asalnya dapat dikatakan :
من علامة الايمان ان يحب المسلم اخاه وان يعاونه
|
من علامة الايمان حب المسلم اخاخ, ومعاونته اياه
|
Dalam kalimat terdapat masdar yaitu انفاق yang menashabkan maf’ul bihnya yaitu اموالهم karena menempati tempat ان yang bermakna masdar. Sehingga dapat
dikatakan:
من المؤسف ان ينفق بعض المسلمين الان اموالهم في
الشهوات
|
من المؤسف انفاق بعض المسلمين الان اموالهم في الشهوات
|
2.
Gambaran amalnya masdar dalam tata bahasa.
Masdar
yang beramal seperti fi’il terbagi dalam 3 gambaran:
·
Masdar diidhofatkan (gambaran ini lebih banyak dalam penggunaan
kalam)
Baik
masdar ini diidhofatkan pada fa’il atau pada maf’ulnya. Seperti:
Diidhofatkan pada
fa’il
|
Diidhofatkan pada
maf’ul
|
احترامك اساتذك واجب
معاونتك زملاءك ضرورى
واخذهم الربا وقدنهواعنه واكلهم اموال الناس بالباطل
حبك الشئ يعمى ويصم
|
قراءة القران من اعظم العبادات
احتمال المكاره نوع من الصبر
الحكمة مداراة السفهاء
وحج البيت بمن استطع اليه سبيلا
|
·
Masdar tidak dimasuki oleh ال dan tidak diidhofatkan, tetapi diberi
tanwin (gambaran ini lebih sedikit dari pada yang awal dalam pemakaiannya). Seperti
dalam firman Allah SWT.:
اواطعام
في يوم ذى مسغبة, يتيما ذا مقربة, اومسكينا ذا متربة
·
Masdar dimasuki ال (gambaran ini yang paling jarang dalam tata
bahasa) seperti dalam sebuah sya’ir:
ضعيف
النكاية اعدءاه يخال الفرار يراحى
الاجل
C.
Isim Fa’il
Isim Fa’il yang beramal seperti fi’il dalam
tata bahasa ada dua gambaran, yaitu:
1.
Disertai dengan ال. Dalam masalah ini beramal dengan tidak ada syarat. Seperti
contoh:
الرجال
الشاكرربه, الصابرعلى بلائه مؤمن حقا
الصديق
الكاتم سرصديقه, الحافظ عهده صديق وفى
والحافظين
فروجهم والحافظات والذاكرين الله كثيراوالذاكراة
2.
Tidak disertai dengan ال. Dalam masalah ini isim fa’il tidak akan
beramal kecuali ada syarat-syarat yang 2:
· Isim fa’il
bermakna hal (sedang dikerjakan), istiqbal (akan datang) tidak
bermakna madhi (masa lampau).
· Didahului
dengan nafyi, istifham, mukhbar anhu, atau mausuf.
Didahului nafyi
|
ماسامع اخوك نصيحتي
مامطيع اخوك مدرسيه
|
Didahului istifham
|
اراض انت عن اخيك؟
هل مقدراخوك واجبه؟
اقاطن قوم سلمى ام
نووا ظعنا ان يظعنوافعجيب عيش من
قطنا
|
Didahului mukhbar anhu
|
خالد شاكرربه
ان سعيدا مؤد واجبه
كان علي مطيعااباه
واذقال ربك للملائكة
اني جاعل في الارض خليفة
وكلبهم باسط ذراعيه
بالوصيد
|
Didahului mausuf
|
اعتمدت على عامل متقن
عمله
تعلمت على شاب
مستثمروقته
|
Perhatian
· Boleh dalam
maf’ul yang berada setelah masdar dibaca dua cara dalam hal I’rabnya yaitu
dibaca nashab seperti yang diceritakan dalam contoh diatas, yang kedua bisa
diidhofatkan untuk tahfif (meringankan pembacaan), seperti dalam firman
Allah:
ان الله
بالغ امره
هل هن
كاشفات ضره
· Isim fa’il
beramal seperti fi’il dengan syarat yang di atas, sama walaupun dalam keadaan tasniyah,
jama muddzakar, jama mu’annas salim.
D.
Amsilah Mubalaghah
Wajannya ada lima:
Contoh
|
Wajan
|
صبار , طماع
|
فعال
|
مضياف, متلاف
|
مفعال
|
غفور, صبور
|
فعول
|
سميع, قدير
|
فعيل
|
حذر, فطن
|
فعل
|
Contoh yang tiga yang awal, ini lebih sering
digunakan dalam tata bahasa. Kalimat-kalimat di atas beramal seperti fi’il
dengan syarat sama seperti beramalnya isim fa’il. Seperti:
|
ابي حمال هموم اهله
|
Perkataan sya’ir
|
حدرامررالاتضيروامن ماليس منجية من الاقدار
|
Ucapan orang Arab
|
ان الله سميع دعاء من
دعاه
|
E.
Isim Maf’ul
Isim
maf’ul beramal seperti fi’il dengan jalan seperti amalnya isim fa’il, tetapi
yang setelah isim maf’ul kedudukannya menjadi na’ibul fa’il (pengganti
fa’il), seperti dalam contoh berikut:
امسموع صوت الناصح؟
اومفهوم كلام الواعظ؟
|
مامحترم الكذاب,
مامهان الصدوق
|
الله هوالمتوكل عليه,
اخوك مرضى عنه من اساتدته
|
ذلك يوم مجموع له
الناس وذلك يوم مشهود
|
F.
Shifat Musyabbahat
1.
Definisi dan Beberapa Contohnya
Sifat
musabbahat adalah sifat yang dibentuk dari kalimat fi’il yang bermakna lazim
yang menunjukan pada hubungan sifat pada mausufnya, dan tidak
menceritakan pekerjaan, isim sifat musabbahat ini mempunyai bentuk yang
berbeda-beda, seperti:
صاحب
|
ميت
|
شجاع
|
جبان
|
شهم
|
فرح
|
عطسان
|
هوجاء
|
احمق
|
عفيف
|
طاهر
|
سيد
|
|
حصان
|
ضخم
|
لبق
|
شبعان
|
حمراء
|
اهوج
|
كريم
|
ضامر
|
طيب
|
|
|
|
نجس
|
جوعان
|
بيضاء
|
احمر
|
بخيل
|
|
|
|
|
|
حسن
|
ظمان
|
|
ابيض
|
سقيم
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
مريض
|
2.
Mengapa disebut “Musabbahat”?
Sebab menyerupai isim fa’il yang bermakna muta’adzi
pada maf’ul satu dilihat dari dua sisi, yaitu:
· Isim sifat
musabbahat menyerupai isim fa’il dalam bentuk sifatnya dan dan mausufnya,
seperti yang telah dijelaskan pada contoh yang di atas.
· Keduanya
memiliki bentuk mufrad, tasniyah, jamak, mudzakar dan mu’annas,
apabila diucapakan seperti:
Isim fa’il
|
عاقلات
|
عاقلتان
|
عاقلة
|
عاقلون
|
عاقلان
|
عاقل
|
Sifat Musabbahat
|
فرحات
|
فرحتان
|
فرحة
|
فرحون
|
فرحان
|
فرح
|
3.
Gambaran isim yang berada setelah isim sifat musabbahat
Isim yang berada setelah isim sifat musabbahat
mempunyai tiga gambaran, yaitu:
No.
|
Gambaran
|
Contoh
|
1.
|
Menyambung pada dhomir yang kembali pada mausuf
|
يعجبني الرجل القوي
ايمانه, الشجاع قلبه
|
2.
|
Memakai ال
|
يعجبني الرجل القوي
الايمان, الشجاع القلب
|
3.
|
Tidak ada dhomir dan ال
|
يعجبني الرجل القوي
ايمانا, الشجاع قلبا
|
4.
I’rab isim yang setelah isim sifat musabbahat.
No.
|
Permasalahan
|
Contoh
|
1.
|
Apabila dibaca rofa’ maka kedudukannya adalah
fa’il
|
درست على رجل كريم
اصله, عفيف سمعه وبصره
|
2.
|
Apabila dibaca nashab maka mempunyai dua
kedudukan, apabila nakirah maka kedudukannya adalah tamyiz, dan
apabila ma’rifat maka kedudukannya adalah maf’ul bih.
|
هذه فتات طيبة قلبا,
لبقة حديثا
هذه فتات طيبة القلب,
لبقة الحديث
|
3.
|
Apabila dibaca kasrah maka kedudukannya
adalah sebagai mudhof ilaih.
|
هذه فتات طيبة القلب,
لبقة الحديث
|
G.
Isim Tafdhil
Definisinya isim yang dibentuk dengan sighat افعل yang
menunjukan pada sesuatu yang sama dalam sifat dan salah satunya mengungguli
yang lainnya. Amal isim tafdhil adalah sebagai berikut:
No.
|
Amalnya
|
Contoh
|
Keterangan
|
1.
|
Merofakan dhomir mustatir
|
العلم اشرف من المال
السكوت افضل من الكلام
|
Dalam kalimat اشرف dan افضل terdapat
dhomir mustatir dengan taqdirnya lafad هو.
|
2.
|
Menashabkan terhadap tamyiz.
|
صلاة الفجر اعظم بركة
من غيرها
العمل بالقران اكثر
ثوابا من مجرد تلاوته
|
|
3.
|
Mengkasrahkan mudhof ilaihnya.
|
الصلاة اعظم عبادة في
الاسلام
القران الكريم اكبر
الكتب السماوية
|
SKEMA ISIM YANG BERAMAL
SEPERTI FI’IL
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Isim-isim yang beramal
seperti fi’il diantaranya
1. Isim fi’il memiliki bentuk yaitu isim fi’il amar, isim
fi’il madhi dan isim fi’il mudhori.
2. Masdar beramal seperti fi’il jika masdar tersebut bisa
atau sah menempati posisi atau bisa menyimpan makna ان
yang bermakna masdariah.
3. Isim fai’l yang beramal seperti fi’il dalam tata bahasa
yaitu yang disertai alif lam, dan tidak disertai alif lam.
4. Isim maf’ul
beramal seperti fi’il dengan jalan seperti amalnya isim fa’il, tetapi yang
setelah isim maf’ul kedudukannya menjadi na’ibul fa’il (pengganti fa’il).
5. Sifat
musabbahat adalah sifat yang dibentuk dari kalimat fi’il yang bermakna lazim
yang menunjukan pada hubungan sifat pada mausufnya, dan tidak
menceritakan pekerjaan, isim sifat musabbahat ini mempunyai bentuk yang
berbeda-beda.
6. Isim tafdhil yang dibentuk dengan sighat افعل yang menunjukan pada
sesuatu yang sama dalam sifat dan salah satunya mengungguli yang lainnya.
B.
Saran
Penulis menyadari bahwa dalam
penulisan makalah ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis memohon
kepada pembaca untuk memberikan keritik dan saran yang membangun sebagai bahan
evaluasi untuk makalah selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar